Kamis, Oktober 22 2020

Aspirasi

Masyarakat Sumatera Barat memiliki sikap cakap berkomunikasi dan tegas dalam menyampaikan aspirasi. Namun, setiap gagasannya tetap tersampaikan dengan elok. Bahkan, dalam tata krama komunikasi masyarakat Minangkabau, selalu mengedepankan perumpamaan agar ucapannya tersampaikan dengan elok.

Misalnya istilah "Sungguahpun harimau dalam paruik, kambiang juo nan kalua". Ini dipahami masyarakat Minang untuk menjaga dirinya dari kemarahan berlebihan. Artinya, semarah apapun anak Bundo Kanduang ini, mereka akan selalu berusaha berbicara dan bersikap baik serta tenang.

Untuk itu, Datiak.com menangkap sikap warga Minangkabau atau Sumatera Barat suatu nilai besar dalam menyalurkan pendidikan. Semua itu Datiak.com rangkum dalam menu aspirasi, agar pembaca bisa belajar bagaimana orang awak berkomunikasi ketika menyampaikan pendapatnya.

Walaupun begitu, Datiak.com tetap mengedepankan prinsip dasar jurnalistik dalam setiap konten Aspirasi ini. Sebab, dominan kontennya berupa karya jurnalistik. Artinya, penyajiannya sangat memperhatikan ketentuan dalam Kode Etik Jurnalistik, Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999, serta Pedoman Media Siber. Kami juga berpedoman pada intelektualitas Sumatera Barat, untuk menjaga tatanan dan kearifan lokal.

Jika tulisan atau informasi yang Datiak.com tayangkan terdapat kekeliruan dan kesalahan, pembaca bisa memberikan saran dan koreksi via email: [email protected].

Page 1 of 2 1 2

REKOMENDASI

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.